PANDUAN PERAWATAN KULIT


Kulit yang bersih adalah salah satu penunjang untuk penampilan yang menarik selain intelegensi, bentuk tubuh, wawasan, dan kepribadian lainnya. Perlu diketahui, seseorang yang memiliki kulit sehat akan mempunyai kepercayaan diri untuk tampil dan bertatap muka dengan orang lain. Berikut jenis-jenis perawatan:

1.         Perawatan Sehari-hari
Letakkan Cleanser pada daerah leher, dagu, kedua pipi, hidung dan dagi. Eatakan dengan gerakan ke seluruh bagian muka. Kemudian Lakukan gerakan sebagai berikut :
1.       Rotasi perjalanan dengan tiga jari (jari manis, tengah, dan telunjuk) dimulai dari dagu ke bawah telinga, meluncur ke sudut mulut, rotasi ke tengah telinga, meluncur ke cuping hidung, rotasi ke atas telinga, kembali lagi ke dagu. Lakukan sebanyak 3 kali.
2.       Rotasi berjalan dengan tiga jari (jari manis, tengah dan telunjuk) dimulai dari dagu ke sudut mulut, ke cuping hidung, naik ke pangkal alis, dilanjutkan mengusap ke arah pelipis, kembali lagi ke dagu sebanyak 3 kali. Sesudah gerakan yang ketiga kalinya, lanjutkan dengan gerakan mengusap sekitar mata, arah ke dalam sebanyak 3 kali.
3.       Rotasi berjalan dengan dua jari (jari tengah dan telunjuk) dari pangkal alis ke arah batas rambut, meluncur ke pangkal alis, rotasi ke arah samping. Lakukan sebanyak 3 kali.
4.       Effleurage (mengusap) dengan dua jari (jari tengah dan telunjuk) diantara kedua bibir, mengarah keluar secara bergantian. Lakukan sebanyak 3 kali.
5.       Mengusap pada daerah leher dengan telapak tangan mengarah ke atas. Sebanyak 3 kali. Untuk mengakhiri gerakan pembersihan lakukan gerakan mengusap rahang ke arah belakang telinga.
2.         Perawatan 2 Mingguan
A.      Scrubbing (Pengelupasan kulit mati)
1.       Letakkan Pure Olive Oil di kedua pipi, dagu, dahi.
2.       Lakukan dengan gerakan putaran kecil di dagu dan pipi dengan bantuan jari telunjuk dan jari tengah saat melakukan pengelupasan kulit, diteruskan di bagian cuping dan dahi.
3.       Lakukan selama kurang lebih 1 sampai 2 menit, bersihkan dengan tissue dan dibilas dengan waslap basah atau air hingga bersih. Dilanjutkan dengan melakukan massage.
Tips:
ü  Hindari daerah sekitar mata dan bibir, untuk mencegah iritasi.
ü  Wajah yang sedang berjerawat dan meradang, sebaiknya tidak menggunakan scrub.
ü  Untuk wajah normal ke kering, pemakaian maksimal 1 minggu sekali. Untuk wajah yang berminyak, lakukan maksimal seminggu 2 kali.
ü  Pilih scrub khusus wajah. Biasanya butiran scrub untuk wajah lebih halus dan bentuknya lebih bulat dibanding scrub untuk kulit tubuh sehingga memperkecil timbulnya kemungkinan reaksi iritasi.
ü  Jika menggunakan scrub, sesudahnya janagn menggosok gosokkan handuk pada kulit wajah, agar kulit wajah tidak teriritasi.
B.      Massage (Pengurutan)
Kegunaan:
ü  Membantu elancarkan peredaran darah.
ü  Menyehatkan metabolisme di bawah kulit dan menjaga kekenyalan kulit (elastisitas kulit)
ü  Memberikan nutrisi pada kulit.
Massage dengan 10 Pokok Gerakan Masage :
1.       Gerakan mengusap ke arah atas bagian leher dengan telapak tanagn kiri dan kanan.
2.       Dagu dijepit dengan telunjuk dan jari tengah, lalu digetarkan ke arah samping telinga, lalu diusap.
3.       Rotasi dimulai dari dagu ke atas, menuju pipi berputar ke arah luar pipi 3 kali, lalau melalui batang hidung, naik ke dahi berhenti di pelipis.
4.       Massage bibir dengan telunjuk dan jari tengah, bibir di jepit, gerakan ke arah kanan dan kiri silih berganti.
5.       Dahi diusap ke arah atas sampai batas rambut dengan jari telunjuk dan jari tengah silih berganti, dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
6.       Massage lingkar mata 4 sampai denga 8 kali, mata dipejamkan.
7.       Gerakan Tapotage (menepuk) dengan kedua telapak tangan pada kedua pipi dengan gerakan pelan ke cepat kembali ke pelan. Diteruskan dengan gerakan yang sama pada dagu bagian bawah.
8.       Gerakan V line. Gerakan mengusap kedua telapak tangan sampai ada rasa panas lalu ditempelkan pada kedua belah pipi dengan digetarkan dari dagu ke pipi.
9.       Gerakkan Vibrasi (ketukan dengan jari). Dengan menggunakan 3 jari (kanan kiri) dari dagu ke samping telinga lalu ke bawah mata kembali ke dagu diteruskan dengan gerakan melingkar mata.
10.   Effleurage, dengan kedua telapak tangan, diusap dengan gerakan lemah lembut ke seluruh muka dengan gerakan lurus.
C.      Masker
Kegunaan:
ü Membersihkan serta menarik kotoran dan sel-sel kulit yang telah mati serta menghilangkan flek-flek hitam dan bekas jerawat.
ü Memutihkan, mengencangkan dan menghaluskan wajah.
ü Menjaga keremajaan kulit.
Bersihkan wajah dengan waslap, bilas dengan air, ulangi bebrapa kali sampai bersih. Lakukan Epilerin alis, jerawat (bila perlu). Dilanjutkan dengan pemakaian masker.
                Cara Pengulasan Masker:
§  Masker dibiarkan mengering sendiri
§  Sekeliling mata tidak boleh di masker
§  Selama di masker, mata ditutupi oleh kapas yang telah dibasahi dengan air mawar / boorwater / air es. Biarkan 10 sampai 15 menit.
§  Angkat dengan handuk dibasahi air.
§  Kemudian segarkan muka dengan air es.
D.      Penyegaran
Usapkan penyegar sesuai jenis kulit ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas.
E.       Pelembaban
             Sebelum meningkat pada pemakaian foundation atau dasar bedak, pakai pelembaban pada wajah dan leher secara tipis dan merata.

0 komentar:

Posting Komentar